Senin, 25-Oct-2021

Minggu, 02/07/2017 Pendidikan 1682 hits

Inovasi Pendidikan Finlandia; dan Kita Masih Debat Soal 5 Hari Sekolah

#intro

Artikel ini adalah hasil copas (copi paste), begitu sangat mudahnya, sehingga tidak memerlukan waktu yang sangat lama, tinggal block, clik kanan copi dan klik kanan paste. Dan sekiranya tidak memerlukan perdebatan yang panjang, karena sudah terbukti simple dan bermamfaat. dan isi artikel ini juga adalah sebuah bukti dari sebuah sistem yang sudah terukur dan teruji dan diakui oleh seluruh dunia. Artinya ketika ada sebuah sistem pendidikan yang terbukti berhasil kenapa tidak langsung copi paste saja, mengapa harus repot-repot membuat sistem yang hanya mengandalkan uji coba atau trial error, mau sampai kapan? atau hanya menghabiskan waktu untuk memperdebatkan sebuah sistem pendidikan yang sudah terbukti dan teruji.

saya yakin anda langsung mempunyai pertanyaan menyangkut statemen saya barusan, saya katakan Stop berdebat!


#Copas 1

Negara pertama yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia adalah Finlandia. Dari tahun ke tahun sistem pendidikan di Finlandia selalu menduduki perinkat teratas. Bahkan sebuah survey global mengatakan, Finlandia disebut sebagai Negara dengan kualitas hidup nomor wahid di dunia. Pemerintah Negara Finlandia memang memberikan andil besar dalam hal ini. Pemerintah Negara ini ikut terjun langsung dalam mengawasi sistem pendidikannya. Finlandia memiliki keunggulan dalam melaksanakan sistem pendidikannya. Sedikitnya ada 5 hal yang menjadikan Finlandia sebagai Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia peringkat pertama. Diantaranya, pilihan sekolah di Finlandia hanya sedikit dan semuanya dikelola oleh pemerintah, tidak ada tugas rumah, tidak ada ujian nasional, kurikulum pendidikan yang fleksibel, dan guru dengan kualitas terbaik. Semua itu diterapkan pemerintah Finlandia. Meskipun hanya memiliki sekolah sedikit, tapi Finlandia membuktikan bahwa mereka mampu memiliki sistem yang terbaik. Sekolah yang sedikit serta guru dengan kualitas terbaik adalah kuncinya.


#Copas 2

Sekolah Cuma 5 Jam, Tanpa PR & Ujian Nasional, Kenapa Pelajar di Finlandia Bisa Pintar?

1) Di Finlandia, Anak-Anak Baru Boleh Bersekolah Setelah Berusia 7 Tahun. 2) Cara Belajar Ala Finlandia: 45 Menit Belajar, 15 Menit Istirahat. 3) Semua Sekolah Negeri di Finlandia Bebas Dari Biaya. Sekolah Swasta Pun Diatur Secara Ketat Agar Tetap Terjangkau. 4) Semua Guru Dibiayai Pemerintah Untuk Meraih Gelar Master. Gaji Mereka Juga Termasuk Dalam Jajaran Pendapatan Paling Tinggi di Finlandia. 5) Guru Dianggap Paling Tahu Bagaimana Cara Mengevaluasi Murid-Muridnya. Karena Itu, Ujian Nasional Tidaklah  perlu. 6) Siswa SD-SMP di Finlandia Cuma Sekolah 4-5 Jam/hari. Buat Siswa SMP dan SMA, Sistem Pendidikan Mereka Sudah  seperti di Bangku Kuliah. 7) Gak Ada Sistem Ranking di Sekolah. Finlandia Percaya Bahwa Semua Murid Itu Seharusnya Ranking 1


#Copas 3

23 Inovasi Pendidikan Finlandia; dan Kita Masih Debat Soal 5 Hari Sekolah. 1) Anak-anak di Finlandia tak diperkenankan masuk sekolah dasar kalau umur mereka belum genap 7 tahun. 2) Guru-guru Finlandia punya sistem lain untuk menilai siswa, bukan dari ujian dan pekerjaan rumah. 3) Tak seperti di Indonesia, di Finlandia, anak tak diukur dari 6 tahun pertama mereka mengenyam bangku  pendidikan. 4) Hanya ada satu tes standar wajib di Finlandia, yakni ketika mereka berusia 16 tahun. 5) Semua anak, pintar atau tidak, belajar di kelas yang sama. 6) 30 persen anak-anak di Finlandia memperoleh beasiswa selama 9 tahun untuk sekolah. 7) 66 persen anak di Finlandia mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi. 8) Tak ada jurang yang terlalu lebar yang membedakan siswa yang terpandai dan paling tertinggal di kelas. 9) Kelas sains di Finlandia diisi maksimal 16 siswa sehingga mereka dapat praktik dan melakukan penelitian. 10) 93 persen orang Finlandia adalah lulusan sekolah tinggi. 11) 43 persen siswa SMA Finlandia memilih sekolah kejuruan. 12) Siswa SD memiliki waktu istirahat 75 menit sehari. 13) Guru hanya menghabiskan 4 jam di kelas. Sementara itu, 2 jam seminggu guru memperoleh pendidikan  pengembangan profesi. 14) Di Finlandia, jumlah guru dan murid sepadan. 15) Biaya sekolah 100 persen didanai negara. 16) Semua guru di Finlandia harus bergelar master dan sepenuhnya disubsidi pemerintah. 17) Kurikulum nasional hanya sebagai pedoman. Sisanya fleksibel. 18) 10 persen guru dipilih dari 10 perguruan tinggi ternama dan dipilih yang merupakan lulusan terbaik di universitas mereka. 19) Pada 2010, 6.600 orang bersaing merebut 660 kursi pelatihan guru SD. 20) Gaji awal rata-rata untuk guru di Finlandia 29 ribu dolar AS pada 2008. 21) Di Finlandia, tidak ada gaji yang tak pantas untuk guru. 22) Guru sama prestisiusnya dengan dokter dan pengacara. 23) Dalam perhitungan standar internasional pada 2001, anak-anak Finlandia tertarik dengan ilmu pengetahuan, suka membaca, dan suka matematika.

back to #Intro

: tanpa label

JAJAK PENDAPAT

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?