Selasa, 09-Mar-2021

Selasa, 05/06/2018 Pendidikan 1950 hits

SMK atau SMA?

Lulusan sekolah pertama, mau melanjutkan kemana ya?

Ini merupakan pertanyaan yang terkadang murid SMP/MTS bingung untuk memilih dan tidak bisa menjawab karena kebanyakan dari mereka belum tau minat dan kemampuan- nya sendiri.

Sering sekali kita jumpai sekarang murid SMP/MTS yang ke-bingungan  pada saat ditanya oleh orang tua, saudaranya maupun teman temannya mau melanjutkan pendidikan ke SMA/SMK?  Sebenarnya ini merupakan hal yang sangat penting yang harus dibahas karena pemilihan pendidikan juga sangat penting untuk masa depan mereka kelak, oleh sebeb itulah sebelum memilih pendidikan kita terlebih dahulu mengtahui pendidikan yang bagaimana yang sebenarnya diinginkan mereka agar apa yang dipilih tidak menjadi penyesalan di kemudian hari oleh sebab itulah saya memberikan penjelasan dan pemahaman tentang pendidikan sekolah menegah atas{sma} dan sekolah menengah kejuruan{smk}, agar murid-murid SMP/MTS, tidak kebingungn untuk memilih pendidikan yang tepat bagi mereka.

SMA merupakan jenjang pendidikan menengah atas  pada pendidikan formal setelah lulus sekolah menengah pertama, SMP/MTS ditempuh dalam waktu 3 tahun mulai dari kelas 10 sampai kelas 12. Pendidikan SMA kita bisa memilih 3 jurusan yang ada yaitu sains, social dan bahasa dan untuk penjurusan akan diarahkan di kelas XI{}kelas 2} dan untuk penjurusan itupun tidak asal memilih siswa, tetapi pihak sekolah melewati guru, akan mengarahkan berdasarkan nilai yang mereka dapatkan ketika kelas x, jadi ketika kelas x siswa harus benar-benar belajarsupaya nilainya bisa dipakai referensi atau patokan kemana mereka akan memilih jurusan dan juga  SMA diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Sedangkan,

Pendidikan SMK sebenarnya banyak sekali jurusan, namun yang lebih menonjo di dunia pendidikan yaitu jurusan teknik mesin, elektro, TIK, tata boga, tata busana, manajemen,dan kesehatan. Untuk memilih itu semua jurusan itu, siswa akan dihadapkan pada pilihan berdasarkan minat dan kemampuan dan pelaksanaan pemilihan jurusan sendiri di awal masuk sekolah yaitu kelas X, ada juga jurusan yang butuh seleksi sangat ketat supaya mereka tidak salah memilih jurusan, jurusan yang salah satunya di seleksi adalah jurusan kesehatan.

Adapun Perbedaan pendidikan sekolah menengah atas dengan pendidikan sekolah menegah kejurusan adalah:

Pendidikan SMA:

Ditujukan untuk siswa yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi, Kurikulum SMA lebih banyak teori dari pada praktek, Tamatannya tidak siap kerja dan tidak mandiri, dan Tempat belajar hanya di sekolah sedangkan.

Pendidikan SMK:

Ditujukan untuk siswa yang mau bekerja dan melanjutkan ke perguruan tingg, Kurikulum SMK lebih banyak praktek dari pada teori, Tamatannya siap kerja dan mandiri, dan Tempat belajar di sekolah dan dunia kerja.

Dari perbedaan di atas jelas terlihat bahwa SMK lebih menjanjikan masa depan di bandingkan SMA,. Hal ini di sebabkan karena:

1.       Kondisi perekonomian Indonesia yang belum bagus

2.      Banyak lulusan SMA yang tidak melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi

3.      Dunia kerja yang semakin kompetitif.

sumber: https://www.kompasiana.com/len/alasan-kenapa-lebih-memilih-smk-dibandingkan-sma_56f0b65f709773c606c6b653

: tanpa label

Dampak Buruk Sekolah GRATIS

Juma't, 22/06/2018

Asumsi Sesat

Senin, 15/08/2016

JAJAK PENDAPAT

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?